Bumisme | Bumisme tidak pernah terlibat dalam tindakan kejahatan / penipuan yang dilakukan oleh Jakartagodown. di Kaskus.com ... Bumisme | Selamat Hari Ultah Bumisme.blogspot.com yang pertama (3 Nov 2011)...


Selasa, 08 Januari 2013

Bumisme | Manfaat Luar Biasa dari Satu Pohon


Manfaat Luar Biasa dari Satu Pohon


Banyaknya penebangan hutan liar yang menyebabkan hutan gundul ternyata memberi dampak serius terhadap kelangsungan hidup manusia . tahukah kalian bahwa satu pohon sangat berarti pada kelangsungan hidup manusia . satu batang pohon dapat memberi kehidupan terhadap 2 manusia  , yang artinya apabila kalian menebang sebatang pohon menyebabkan 2 orang meninggal . kenapa bisa demikian ? perlu kalian ketahui bahwa  1 pohon menghasilkan 1,2 kg oksigen perhari,  1 orang bernafas dengan 0,5 kg oksigen perhari yang berarti1 pohon menghidupi  2 manusia . Jadi bayangkan berapa banyak pohon yang sudah ditebang di hutan .

Salah satu Pemandangan di hutan | Sumber


manfaat pohon lainnya adalah menyerap air yang berada pada permukaan tanah, hal ini lah yang mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor , akar-akar pada pohon dapat mengikat butiran- butiran air ini dipori tanah dan menjadikannya sebagai cadangan air di musim kemarau. potensi hutan yang luasnya 1 ha memiliki 350 pohon dengan rata-rata diameter 36 cm. pohon yang mempunyai umur 30 tahun mempunyai potensi menyimpanan karbon sebesar 147,84 ton/ha dengan prosentase penyimpanan terbesar pada bagian batang (73,46%), kemudian cabang (16,14%), kulit (6,99%), daun (3,17%) dan bunga-buah (0,24%), Dari data tersebut  dapat diketahui kemampuan satu pohon yaitu menyerap 14 kg/tahun. Dari hasil penelitian diperoleh nilai debit andalan yang dapat dipergunakan pada musim kemarau sebesar 1,82 liter/detik yang terjadi pada bulan Agustus dan September, sedangkan pada musim penghujan debit yang dapat dimanfaatkan sebesar 29,82 – 67,55 liter/detik (Suryatmojo, H., 2004). Dengan demikian 1 ha hutan dapat memenuhi air bersih hingga 19 orang dimana 1 pohon dalam hutan tersebut memberi kontribusi sebesar 0,3 persen. sehingga ketersediaan air tanah tetap terjaga secara berkesinambungan dan menjadikan debit mata air, sungai dan danau tetap besar, serta tidak terjadi kekeringan pada musim kemarau dan pada musim penghujan bencana banjir tidak terjadi.

Salah Satu Potret Hutan Basah di Indonesia /| Sumber

            Oleh karena itu lah seiring dengan kerusakan hutan yang bertambah parah maka pemerintah dan masyarakat sering mengadakan program reboisasi yaitu penanaman kembali hutan yang sudah gundul dengan tujuan untuk menjaga fungsi kestabilan sebagai hutan  . Penanaman kembali ini sangat bermanfaat untuk tetap mempertahankan adanya hutan . walaupun perkembangan pohon yang di tanam tidak sesuai dengan banyaknya manusia yang terus menebangi hutan tapi ini merupakan salah satu cara untuk menyadarkan masyarakat pentingnya hutan .

            Jika kalian merasa keberatan untuk pergi ke hutan awali dari lingkungan kalian sendiri , kalian bisa cari ruang kosong untuk menanam pohon seperti halaman rumah kalian. ingat ya , satu pohon yang kalian tanam bisa menyelamatkan 2 manusia untuk tetap bernafas . 


Sumber Informasi dan data :

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Indahnya Berbagi
Tambah Yuk
Widget by IB | Template Design

Artikel Terkait:

Widget by:IB | Template Design

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Free Blogger Template powered by Blogger.com | Redesigned by Bumisme13 |SMTI PONTIANAK