Bumisme | Bumisme tidak pernah terlibat dalam tindakan kejahatan / penipuan yang dilakukan oleh Jakartagodown. di Kaskus.com ... Bumisme | Selamat Hari Ultah Bumisme.blogspot.com yang pertama (3 Nov 2011)...


Sabtu, 28 Januari 2012

Cara Go Green dengan PC/ Laptop dan Printer


Go Green dengan PC/ Laptop

Sumber

Komputer maupun laptop bukan lah barang yang asing untuk digunakan oleh Kita. Akan tetapi sadarkah Anda bahwa computer juga ikut serta dalam global warming atau pemanasan global. Saat computer, laptop atau notebook yang menyala, maka  secara otomatis perangkat pendukung yang didalam computer akan bekerja dan menghasilkan udara panas. Selain itu juga untuk perangkat yang mulai bermunculan dengan tampilan baru dan modern ini juga memakai tenaga yang tidak sedikit. Beberapa tips dalam menggunakan komputer secara efisien untuk menghemat biaya, memperpanjang usia perangkat komputer dan menyelamatkan bumi ini.  



  • Menyalakan Laptop, Notebook, Netbook, PC/ Komputer, dll seperlunya saja. Maka Saya sarankan untuk membuat rencana tentang apa yang akan Anda lakukan di depan monitor dan tidak memakan waktu yang cukup lama. Jika computer Anda ditinggal dalam waktu yang cukup lama namun Anda harus menyelesaikan download atau install-an maka sebaiknya Kita mengurangi kontras dari desktop Kita (Untuk Laptop/ Notebook) dan dapat mematikan layar monitor dari PC kita. (Cukup layar saja, CPU dibiarkan berkerja)
  •  Sambungkan komputer anda ke surge protector dengan master control outlet, sehingga secara otomatis dapat mengetahui saat komputer tidak digunakan untuk kemudian memutus sambungan listrik ke komputer dan perlengkapannya. Lakukan pengisian ulang baterai laptop atau notebook Anda seperlunya.
  • Menggunakan monitor computer yang berlayar datar. Monitor dengan layar datar menggunakan sedikit tenaga listrik dibandingkan dengan monitor kumputer berlayar cembung (CRT). Dan juga Anda harus mempertimbangkan penggunaan laptop atau notebook dengan ukuruan yang kecil. Laptop/ Notebook yang berukuran 10,1“ akan memakan listrik yang lebih sedikit dibandingkan laptop/Notebook yang berukuran 14”
  • Lupakan screen saver – screen saver tidak menghemat energi kecuali masih menggunakan monitor monochrome yang lama. Menggunakan background desktop yang berwarna gelap, kerena komusmis tenaga yang digunakan lebih sedikit dari pada menggunakan background berwarna terang.



Go Green dengan Printer
Sumber

Dunia telah melahirkan sebuat teknologi yang memungkinkan Kita mencetakkan file digital menjadi data yang dapat kita pegang dalam lembaran. Yah teknologi tersebut dikenal dengan printer. Sekarang sudah dikenal 2 jenis printer, yaitu printer inkjek dan printer laser. Tapi apakah printer tersebut berpengaruh terhadap linkungan kita ? Berikut cara mencegah pengaruh negative dari printer.


  • Menggunakan printer seperlunya saja. Jadi harus pandai memilih file yang manakan yang harus anda cetak dan file yang mana tidak seharusnnya anda cetak.
  • Mempertimbangkan penggunaan printer ink-jet dari pada printer laser. Kinerja Printer ink-jet memanglah tidak secepat kinerja printer laser, tapi penggunaan listrik untuk printer ink-jek lebih sedikit dibandingkan printer laser. Perkiraannya sekitar 80% hingga 90%
  • Belilah produk tinta yang berbahan dasar dari tumbuhan atau non-minyak – karena produk tersebut dibuat dari sumber yang didaur ulang, membutuhkan lebih sedikit penggunaan materi berbahaya dan menghasilkan warna yang lebih terang dan jernih.
  • Gunakan jaringan dan share printer apabila memungkinkan. Jadi Kita bisa menggunakan 1 printer secara bersamaan dengan computer lainnya yang berada dalam 1 jaringan
  • Cetaklah dengan menggunakan kertas daur ulang. Gunakan kertas yang tidak menggunakan klorin dengan 50 hingga 100 persen post-consumer waste. Dan jangan lupa menCetak di dua sisi kertas apabila memungkinkan



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Indahnya Berbagi
Tambah Yuk
Widget by IB | Template Design

Artikel Terkait:

Widget by:IB | Template Design

2 komentar:

Moro Moro Modern (M3) mengatakan...

Muantaabs Bro....
Cintai dan jaga lah selalu Bumi kita tercinta ini...
Maju terus....

Dwi Wahyudi mengatakan...

Alhamdulillah, ada yang mulai update nih. Meski pada akhirnya "jablay" lagi. Hehehe... :-)

Posting Komentar

 
© 2009 Free Blogger Template powered by Blogger.com | Redesigned by Bumisme13 |SMTI PONTIANAK