Bumisme | Bumisme tidak pernah terlibat dalam tindakan kejahatan / penipuan yang dilakukan oleh Jakartagodown. di Kaskus.com ... Bumisme | Selamat Hari Ultah Bumisme.blogspot.com yang pertama (3 Nov 2011)...


Kamis, 05 Juli 2012

Bumisme | Prediksi 2032, Minyak Indonesia Akan Habis

[Image: suasana-malam-kilang-minyak-balongan-ind...49-594.jpg]
Suasana malam kilang minyak Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Sumber

 

Komsumsi BBM yang kian hari makin tinggi ini membuat pemerintah harus mengeluarkan berbagai kebijakan di antaranya menyediakan BBM non-subsidi dan menyediakan layanan transportasi umum yang layak bagi masyarakat Indonesia. Jika hal tersebut tidak dilaksananakan maka dapat mempengaruhi jumlah cadangan minyak di Indonesia sendiri. Pemerintah bahkan telah melakukan perhitungan dan memperkirakan pada tahun 2023 atau sekitar 20 tahun kedepannya, Indonesia tidak memiiki persediaan minyak bumi lagi. Setiap tahunnya saja komsumsi bahan bakar di Indonesia telah mencapai 10% dan meningkat setiap tahunnya.



 “Tidak mustahil hal ini bisa terjadi,” tegas  Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementrian Keuangan Bambang Brojonegoro dalam seminar mewujudkan ketahanan energi nasional melalui kebijakan diversifikasi energi dan penguatan sektor mikro pada hari Rabu (6,6)

Namun dengan membuat kebijakan pengendalian, baik dengan penghematan maupun kenaikan harga, ia berujar pola konsumsi BBM bersubsidi akan lebih terkendali. Malah, ia menilai cara ini akan meningkatkan volume BBM lima hingga tujuh persen per tahun. Bahkan diutarakan cadangan minyak akan mampu bertahan 28 hingga 38 tahun ke depan“Sehingga minyak bisa dimanfaatkan dalam waktu yang lebih lama,” kata Beliau di kesempatan yang sama. 



Bukan saja hal ini diucapkan oleh Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementrian Keuangan Bambang Brojonegoro  bahkan Wakil Direktur Reforminer Institute Komaidi Notonegoro juga menegaskan bahwa perharinya masyarakat Indonesia bisa menghabiskan 3 liter per kapita, dan jika dibiarkan terus menerus mungkin saja cadangan minyak Indonesia bisa habis dengan jangka waktu kurang 20 tahun.


Di 2012 ini, pemerintah pun mengeluarkan lima kebijakan penghematan energi. Yakni larangan membeli BBM bersubsidi untuk mobil dinas pemerintah, BUMN, dan BUMD serta mengendalikan sistem distribusi di setiap stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dengan teknologi.

Pemerintah juga melarang kendaraan tambang dan perkebunan menggunakan BBM bersubsidi. 

Pemerintah juga mengaku akan konsisten menjalankan konversi BBM ke bahan bakar gas (BBG) dan menghemat listrik di kantor pemerintah, BUMN, BUMD, dan jalan. 





_____________________________________


Artikel ini merupakan kutipan, ringkasan dengan mengubah tulisan sedemikian rupa tanpa menghilangkan fakta yang ada. Artikel ini terinspirasi dari http://tuanmuda.net/

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Indahnya Berbagi
Tambah Yuk
Widget by IB | Template Design

Artikel Terkait:

Widget by:IB | Template Design

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Free Blogger Template powered by Blogger.com | Redesigned by Bumisme13 |SMTI PONTIANAK