Bumisme | Bumisme tidak pernah terlibat dalam tindakan kejahatan / penipuan yang dilakukan oleh Jakartagodown. di Kaskus.com ... Bumisme | Selamat Hari Ultah Bumisme.blogspot.com yang pertama (3 Nov 2011)...


Sabtu, 05 November 2011

Perlunya Penanaman Pohon




Sumber
Pohon merupakan komponen terpenting dalam sebuah ekosistem. Pohon juga memegang peran penting dalam keselamatan lingkungan suatu alam. Bisa dibilang pohon merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi oksigen dengan mekanisme  yang rumit dan dilakukan secara berurut-urutan tanpa tanda celah. Kerena begitu pentingnya dan rumitnya mekanisme produksi yang dilakukan pohon, maka Saya ingin menjelaskan beberapa alasan mengapa Anda tidak boleh menebang sebuah pohon.

1. Pohon merupakan produksen oksigen.
Sebuah pohon dapat menghidupkan setidaknya 2 orang/ hari. Sebuah pohon mampu memproduksi sekitar 1,2 Kg oksigen/ harinya. Sedangkan satu orang hanya mengkomsumsi sekitar 0,5 Kg oksigen/ hari. Menebang sebuah pohon berarti mencekik setidaknya 2 orang di dunia.



2.  Pohon merupakan penyerap panas.
Sebuah pohon dapat menyerap panas sekitar 8x lebih banyak dari apapun disekitarnya. Selain sebagai penyerap panas disaat siang hari, pohon juga berfungsi sebagai pengikat Karbon Dioksida dan mampu untuk menjaga kelembaban. Sebuah pohon dapat mencegah penguapan 3/4 air hujan ke atmosfir.

3. Pohon mengikat dan menahan debit air.
Di saat hujan turun, akar pohonlah yang berperan penting untuk menyerap air hujan didekat mereka sehingga air hujan tidak mengalir secara sia-sia. Selain itu juga akar pohon dapat mencegah terjadinya erosi yang berasal dari air hujan. Selain itu juga batang pohon berfungsi sebagai tempat cadangan air di musim kemarau, sehingga ketersediaan air tanah secara berkesinambungan tetap terjaga dan menjadikan debit mata air, sungai dan danau tetap besar, serta tidak terjadi kekeringan pada musim kemarau dan pada musim penghujan bencana banjir tidak terjadi.









Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Indahnya Berbagi
Tambah Yuk
Widget by IB | Template Design

Artikel Terkait:

Widget by:IB | Template Design

2 komentar:

admin mengatakan...

menanam perlu lebih perlu lagi bila merawat

admin mengatakan...

info aja agan2 sekalian, di lereng merapi perlu adanya reboisasi ni, waktunya udah tepat karna udah musim penghujan . . .

visit web ane ya di www.adi-souvenir.com menerima order souvenir pernikahan/wedding .

Posting Komentar

 
© 2009 Free Blogger Template powered by Blogger.com | Redesigned by Bumisme13 |SMTI PONTIANAK