Bumisme | Bumisme tidak pernah terlibat dalam tindakan kejahatan / penipuan yang dilakukan oleh Jakartagodown. di Kaskus.com ... Bumisme | Selamat Hari Ultah Bumisme.blogspot.com yang pertama (3 Nov 2011)...


Rabu, 02 November 2011

Fakta Dibalik Kemegahan Surga Borneo, Danau Sentarum

Taman Nasional Danau Sentarum adalah salah satu taman nasional yang luas di Indonesia. Terletak kapuas hulu tak membuat taman nasional yang memiliki kawasan seluas 132.000 Ha ini sepi. Banyak sekali peneliti yang melakukan penelitian di sana. Mulai meneliti fauna hingga flora yang ada. Penasaran bukan ? Mari Kita simak kenyataan yang berada di Taman Nasional Danau Sentarum ini :

Penampakkan Taman Nasional Danau Sentarum : Sumber



Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) berada sekitar 700 km timur laut dari Kota Pontianak dan memerlukan waktu perjalanan sekitar 14 jam melalui perjalanan air



Melalui Ketetapan Mentri Pertanian No. 757/ Kpts-II /Um/ 10/ 1982 maka Taman Nasional Danau Sentarum ditetapkan menjadi seluas 132.000 Ha yang semulanya hanya seluas 73.906,25 Ha.


Luas keseluluhan Taman Nasional Danau Sentarum sekitar 132,000 hakter (Ha) yang terdiri dari 89.000 Ha hutan rawa-rawa, da sisa nya, 43.000 Ha merupakan daratan.


TNDS juga memiliki cekungan ke bawah, sehingga terendam air dengan ketinggian sekitar 50-100 meter dari permukaan laut.


Curah hujan di TNDS cukup tinggi sekitar 4.000 mm hingga 4.727 mm/ tahunnnya. Namun uniknya Taman Nasional yang berada di Kecamatan Selimbau, Kabupaten Dati II tidak pernah kebanjiran. Pada Musim banjir, tinggi air di TNDS hanya sekitar 14 m. Sedangkan pada musim kemaraupun, taman nasional ini memiiki ribuan kolam kecil dan sungai kecil. Sehingga menjadikan TNDS merupakan hutan rawa tergenang terbesar di Indonesia.


Sebelum berubah nama menjadi Taman Nasional Danau Sentarum pada tahun 1999, Daerah ini pernah menjadi Cagar Alam dan Marga Satwa pada tahun 1981 hingga 1983.


TNDS memiliki lebih dari 20 danau yang berukuran besar dan kecil. Nama Danau Sentarum sendiri berasal dari salah satu sungai di kawasan tersebut.


Hutan di TNDS mempunyai fungsi unik yaitu menjadi kawasan tangkap air sekaligus menjadi bendungan alami. Setiap tahunnya wilayah ini memiliki pasokan sekitar 16 trilliun meter kubik air.


TNDS memiliki pusaran air yang berada di muara Sungai Tawang. yang menghubungkan Danau Sentarum dengan Sungai Kapuas. Hal ini mengakibatkan wilayah ini tidak pernah kekeringan kerena sebagian besar air akan bertahan di wilayah konservasi ini.


TNDS memiliki 7 hutan didalamnya. Dua diantarannya adalah Hutan Rapak Gelgah yang tergenang sekitar 8 hingga 11 bulan dan memilikii tinggi tanaman sekitar 5 hingga 8 meter. Berbeda lagi dengan Hutan Kerengas yang memiliki tinggi tanaman hingga 26 meter.


Wilayah ini menjadi rumah besar bagi ratusan bahkan ribuan hewan. Pada tahun 1990-an tercatat sekitar 147 jenis mamalia, 31 jenis reptil, 675 jenis flora, 97 familia menghuni kawan ini.



Perjalanan Air yang memakan waktu sekitar 6 jam : Sumber


Panorama TNDS waktu sore : Sumber


Potret Dekat TNDS : Sumber


"Mari pertahankan potensi wisata Taman Nasional Danau Sentarum ! Dengan tetap menjaga kehijauannya dan fauna di dalamnya"

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Indahnya Berbagi
Tambah Yuk
Widget by IB | Template Design

Artikel Terkait:

Widget by:IB | Template Design

1 komentar:

kharis alimoerdhoni arief mengatakan...

Subhannallah, baru tau saya ada taman nasional daNau sentarum di Kal-Bar. Terpikir cuma alamat rumah doank, hehehe

Posting Komentar

 
© 2009 Free Blogger Template powered by Blogger.com | Redesigned by Bumisme13 |SMTI PONTIANAK