Bumisme | Bumisme tidak pernah terlibat dalam tindakan kejahatan / penipuan yang dilakukan oleh Jakartagodown. di Kaskus.com ... Bumisme | Selamat Hari Ultah Bumisme.blogspot.com yang pertama (3 Nov 2011)...


Kamis, 03 November 2011

Mengintip Panorama Taman Nasional Betung Kerihun (T.N.B.K)



Sumber
    Tanpa kita sadari di Pulau Borneo menyembunyikan banyak sekali tempat tempat yang menggangumkan seperti Taman Nasional Betung Kerihun ini yang memiliki pemandangan yang masih begitu asli atau alami.

    Cagar Alam ini didirikan pada tahun 1982 yang dulunya bernama Cagar Alam Bentuang Karimun  dengan luas 600.000 Ha. Namun, pada tanggal 5 September 1995, Cagar Alam Bentuang Karimun berubah menjadi Taman Nasional Betung Kerihun (T.N.B.K) dan juga luas Taman Nasional ini diperbesar menjadi 800.000 Ha.  






    Karakterisitik Taman Nasional Betung Kerihun ini yaitu, sekitar 20 % bergunung dan berbukit  dengan ketinggian 700 m dari permukaan laut. di TNBK ini Terdapat Gunung Kerihun yang tingginya 1.790 m dan teletak di sebelah timur, dan menjadikan gunung tersebut sebagai tambal batas dengan wilayah Kalimantan lainnya.

    Kawasan Taman Nasional ini, kawasan terbesar kedua di Pulau Kalimantan setelah Taman Nasional Kayang Mentaran (T.N.K.M).


   Taman Nasional Betung Kerihun ini di aliri oleh berbagai daerah aliran sungai (DAS) diantaranya  Aliran Sungai Embaloh, Aliran Sungai Serbau, Aliran Sungai Apalin, Aliran Sungai mendalam, dan Aliran Sungai Hulu Kapuas.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Indahnya Berbagi
Tambah Yuk
Widget by IB | Template Design

Artikel Terkait:

Widget by:IB | Template Design

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Free Blogger Template powered by Blogger.com | Redesigned by Bumisme13 |SMTI PONTIANAK