Bumisme | Bumisme tidak pernah terlibat dalam tindakan kejahatan / penipuan yang dilakukan oleh Jakartagodown. di Kaskus.com ... Bumisme | Selamat Hari Ultah Bumisme.blogspot.com yang pertama (3 Nov 2011)...


Kamis, 03 November 2011

SMS cara menyelamatkan Sungai Kapuas

Sungai Kapuas merupakan sungai yang terpanjang di Indonesia. Sungai ini memiliki Panjang 1143 Km. Sungai Kapuas juga memiliki 300 Jenis ikan dan Sungai kapuas adalah sumber pasokan air terbesar di Kalimantan Barat. Sehingga banyak nelayan menghandalkan sungai kapuas sebagai tempat mereka mencari nafkah.
Sumber

Sumber

   Menurut hasil penelitian 70 % masyarakat menghandalkan sungai kapuas ini. Sungai kapuas ini telah tercemar oleh Zat Merkuri, Limbah Pabrik, Limbah Rumah Tangga, Bakteri Colli, dan Pestisida. Menurut penilitian pada tahun 2006, kadar Oksigen di sungai kapuas adalah 4,98 mg/liter.



    Oleh Kerena itu beberapa pihak melalukan tindak lanjut untuk Sungai Kapuas ini melalui sistem pemantauan pencemaran Sungai Kapuas via SMS. Tindak lanjut ini dilakukan atas kerjasama dengan Nokia Siemens Network (NSN), Universitas Tanjungpura (UNTAN). Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

    Melalui pesan singkat ini pemantauan onlime menggunakan sensor untuk melacak tingkat polusi. Ketika batas polusi di langgar, sensor akan mengirimkan data real time dalam bentuk SMS ke Institusi Pemerintah seperti BLHD KalBar dan PDAM.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Indahnya Berbagi
Tambah Yuk
Widget by IB | Template Design

Artikel Terkait:

Widget by:IB | Template Design

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Free Blogger Template powered by Blogger.com | Redesigned by Bumisme13 |SMTI PONTIANAK