Bumisme | Bumisme tidak pernah terlibat dalam tindakan kejahatan / penipuan yang dilakukan oleh Jakartagodown. di Kaskus.com ... Bumisme | Selamat Hari Ultah Bumisme.blogspot.com yang pertama (3 Nov 2011)...


Senin, 28 November 2011

Langkah Langkah Kecil Memulai Go Green dari Kertas

Bumisme-  Kertas merupakan satu diantara produk yang dihasilkan oleh pohon. Kerena permintaan kertas meningkat setiap tahunnya mengakibatkan banyak perusahaan yang menanggani pengelolahan bubur kertas dan pembuatan kertas siap pakai. Pada tahun 1990 hingga tahun 2000, terdapat hampir 65% - 80 % hutan di dataran rendah Sumatera sengaja ditebang guna mendirikan tempat industri kertas Dikutip dari situs wwf.co.id, Kita dapat menghemat bahkan mengurangi penebangan hutan dengan berbagai cara :


 Jangan terima brosur/ pamflet/ kertas-kertas gratis lainnya yang tidak kamu butuhkan. 

Brousur yang bertumpuk : Sumber



Sebaiknya Kita menolak dengan sikap sopan dan halus kepada orang yang akan memberikannya atau bahkan Kita dapat mengumpulkan brosur dan pamflet terbuat untuk didaur ulang. Ingat loh, brosur dan pamflet terbuat dari kertas dan berasal dari pohon. Pakai tas kain yang kamu bawa dari rumah daripada memakai kantong kertas atau plastik saat berbelanja.


Gunakan Tas Kain
 Jika Anda tidak memiliki atau tidak suka menggunakan tas kain untuk menyimpan barang belanja, Anda bisa menggunakan kantong plastik berkas daripada menggunakan kantong prastik yang baru. 


 Gunakan sapu tangan daripada menggunakan tissue.
 Sapu tangan dapat digunakan berkali kali dibandingkan sebuah tisu. Biasakan Anda selalu membawa sapu tangan bila perlu. 


 Gunakan serbet kertas di kafe sesedikit mungkin
Serbet yang tebal di cafe dan restorant : Sumber


 Optimalkan bagian sisi kertas. 
Anda pasti tidak asing lagi menggunakan printer atau memfotokopi suatu berkas berupa kumpulan kertas berisi tulisan ? Apakan anda menggunakan kembali sisi kertas yang kosong, sebenarnya sisi kertas yang kosong tersebut dapat di gunakan kembali dengan menjadikannya notebook, dengan ini Anda akan mengurangi sampah unorganic dengan menggunakan 2 sisi kertas. 


 Jangan musnahkan mereka
 Apakah anda orang yang sering membakar sampah kertas? Sebaikya stop membakar kertas-kertas karena hanya akan memberikan polusi udara. Ada langkah yang lebih bijak yaitu mendaur ulang kertas atau membuat kerajinan lain yang bernilai komersil. Atau lebih mudahnya Anda bisa menjual atau memberikan kertas bekas kepada pemulung atau industry kertas ulang Gunakanlah in fokus/ proyektor sebagai peganti kertas saat rapat. Gunakan juga Email sebagai sarana menyampaikan pemberitahuan atau info kesesama. 


Perbanyak Jaringan Go Green
 Ajak teman dekat atau orang-orang disekitar kamu untuk hemat kertas sehingga budaya positif ini akan dapat terus menyebar. Mungkin ini merupakan salah satu cara yang paling simple, mulailah mengenalkan langkah go green ini kepada teman Anda, Keluarga Anda, dan lingkungan sekitar Anda. 






 Tahukah Anda ?
Untuk setiap ton kertas yang didaur ulang, bisa menghemat 7000 galon air, 380 galon minyak dan daya listrik yang bisa mencukupi kebutuhan rata-rata sebuah rumah untuk enam bulan.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Indahnya Berbagi
Tambah Yuk
Widget by IB | Template Design

Artikel Terkait:

Widget by:IB | Template Design

3 komentar:

Admin mengatakan...

asli.... blognya keren tulisannya jga mantab, salam kenal... :)
jgn lpa mmpir ke eMingko Blog

Anonim mengatakan...

Walah, sederhana begitu tapi dampaknya besar ternyata. Saya sering kok ngumpulin kertas buat note. :)

Bahkan catetan kuliah saya dulu dari sisi kosong kertas fotokopian. :D

Im mengatakan...

keren, di blogger banua juga ada program kerja buat nanam seribu pohon di banjarmasin, go green

Posting Komentar

 
© 2009 Free Blogger Template powered by Blogger.com | Redesigned by Bumisme13 |SMTI PONTIANAK